Rabu, 14 Oktober 2009

UKDI 3

silahkan berlatih


Seorang dokter mengambil keputusan untuk mendahulukan melayani pasien yang paling akhir datangnya yakni seorang ibu yang membawa anaknya dengan kejang demam, walaupun sudah banyak pasien yang lebih dulu datang mengantri. Asas etika apakah yang mendasari dan mendominasi keputusan dokter di atas?
Choose one answer.
a. Non-maleficence
b. Autonomy
c. Justice
d. Patient preferences
e. Beneficence
Question 12
Marks: 1
Seorang anak diperiksakan ke praktek dokter keluarga karena keluhan berat badan sulit naik sejak 4 bulan terakhir dan hampir setiap bulan mengalami demam walaupun tidak tinggi. Manakah terapi yang paling sesuai sebagai bagian dari terapi TB paru pada kasus di atas?
Choose one answer.
a. rifampisin selama 2 bulan pertama
b. rifampisin selama 4 bulan
c. pyrazinamid selama 6 bulan
d. INH selama 2 bulan pertama
e. pyrazinamid hanya 2 bulan pertama
Question 13
Marks: 1
Seorang anak perempuan 2 tahun sejak 12 jam lalu mengalami penurunan kesadaran, muntah secara intermitten dan tampak kesakitan. Pada saat diperiksa anak tampak mengeluarkan feses berwarna merah tua. Perut anak tersebut teraba keras dan terasa penuh. Apakah diagnosis yang paling mungkin ?
Choose one answer.
a. intususepsi
b. ISK
c. ulkus peptikum
d. appendisitis akut
e. stenosis pilori
Question 14
Marks: 1
Seorang anak perempuan 5 tahun mempunyai kebiasaan makan beras dan menggigit pensil. Riwayat makanan didapatkan anak suka minum susu sapi dan tidak suka makan daging atau ikan. Pemeriksaan fisik menunjukkan anemia. Data pemeriksaan fisik manakah yang paling mungkin anda jumpai ?
Choose one answer.
a. gallop
b. limfadenopati
c. hepatosplenomegali
d. sianosis
e. telapak tangan pucat
Question 15
Marks: 1
Wanita 35 tahun terlihat sangat lemah sembuh dari infeksi Mycoplasma pneumonia. Hb 9 g/dL, dan MCV 110 fL. Pilih salah satu yang paling benar, pemeriksaan lanjutan apakah menentukan anemia hemolitik?
Choose one answer.
a. Total bilirubin serum
b. serum LDH
c. Haptoglobin
d. mycoplasma antigen
e. Jumlah reticulosit dan morfologi darah tepi.

Pria 55 tahun sedang dievaluasi untuk konstipasi. Tidak ada riwayat gastrectomy sebelumnya. Hb 10 g/dl, MCV 72 fL, besi serum ( SI) 4 ug/dl (normal 50-150 ug/dL), IBC (iron binding capacity) 450 ug/dL (normal 250-370 ug/dl), saturasi transferin 1% (normal 20-45%), dan ferritin 10 ug/dL (normal 15-400 ug/dL. Tahap manakah yang terbaik untuk evaluasi pada pasien anemia ini?
Choose one answer.
a. Iron absorption studies
b. Colonoscopy
c. BMP
d. X-Ray
e. Pemeriksaan kadar asam folat.
Question 17
Marks: 1
Seorang laki-laki 40 tahun datang ke poliklinik THT dengan keluhan sejak 3 bulan yang lalu hidung kanan tersumbat dan sering mimisan. Pasien juga mengeluh sudah 1 tahun terakhir timbul benjolan sebesar telur yang makin membesar pada leher sebelah kanan tetapi tidak dihiraukan karena tidak terasa sakit. Keluhan lain yang dirasakan adalah telinga terasa penuh, sedangkan pada pemeriksaan rhinoskopi posterior tampak massa di fossa rosenmuller yang meluas ke kavum nasi dextra. Pemeriksaan yang paling tepat untuk menentukan diagnosis pada pasien diatas adalah:
Choose one answer.
a. CT Scan
b. Biopsi massa nasofarings
c. Serologi
d. USG
e. Biopsi massa leher
Question 18
Marks: 1
Seorang anak laki-laki berumur 8 tahun datang ke Puskesmas karena orangtuanya mengeluh anak sering ngorok dan terbangun saat tidur. Anak juga sering panas dan batuk pilek hampir setiap bulan dalam tahun terakhir. Pada pemeriksaan fisik didapatkan keadaan umum baik, tampak anak sering bernafas dari mulut, Vital sign dalam batas normal. Pemeriksaan orofarings didapatkan kedua tonsil hipertropi, detritus positif, limfonodi submandibula membesar. Tonsil dapat menjadi fokal infeksi dari peradangan organ lain yang jauh dari tonsil diketahui dengan pemeriksaan:
Choose one answer.
a. Biopsi tonsil
b. Titer ASTO
c. Darah tepi.
d. Kultur dari swab tonsil
e. Imunoglobulin
Question 19
Marks: 1
Seorang bayi lahir dari ibu yang mengalami polihidramnion, masa gesatsi 36 minggu. Bayi mengalami hipersekresi dan tersedak. Perut tampak distensi dan timpanik. Tindakan apakah yang diperlukan untuk mengevaluasi penyebab masalah pada bayi tersebut ?
Choose one answer.
a. mencoba pemasangan kateter melalui nares anterior
b. endoskopi
c. transiluminasi thoraks
d. mencoba pemasangan NGT
e. bubur barium
Question 20
Marks: 1
Seorang laki-laki berusia 45 tahun, datang ke dokter praktik umum dengan keluhan bercak merah dan panas pada paha kaki kanan. Keluhan ini dirasakan sejak 3 hari yang lalu. Pada pemeriksaan fisik diperoleh patch eritem batas tegas dengan nekrosis pada bagian tengah pada daerah paha bagian medial. Apakah terapi yang paling tepat untuk kasus di atas ?
Choose one answer.
a. Salep Whietfild
b. Krim Betametason
c. Krim Asam fusidat
d. Krim Mikonazol
e. Albendazol

Pada penderita dengan klinis Cervical Syndrome , kemudian dilakukan pemeriksaan Foto polos Cervical posisi AP/Lateral dan Oblique; Kemungkinan kelainan yang didapat dari hasil foto cervical tersebut, adalah:
Choose one answer.
a. Struma koloides
b. Achalasia
c. Spondiloarthrosis dan spondilolisthesis cervical 3,4,5
d. Adanya HNP di daerah cervical
e. Adanya obstruksi pada arteri carotis communis yang menuju cranial
Question 7
Marks: 1
Pada peristiwa kecelakaan dan terbakarnya pesawat terbang militer yang sedang melakukan latihan perang dapat ditemukan seluruh korban tewas yang terdiri atas anggota militer berjumlah 20 orang. Kondisi korban dalam keadaan luka bakar derajat IV dan sebagian besar tubuh korban tidak utuh. Manakah metode yang paling efisien dan cepat yang dapat digunakan untuk identifikasi pada kasus ini?
Choose one answer.
a. Odontologi
b. Visual
c. Serologi
d. Daktiloskopi
e. Sidik DNA
Question 8
Marks: 1
Seorang anak laki-laki 5 tahun diperiksakan ke ruang praktek anda karena demam tinggi selama 2 hari. Penyakit apa sajakah yang harus dipertimbangkan sebagai kemungkinan diagnosisnya?
Choose one answer.
a. tifus, malaria, HIV
b. infeksi dengue, tifus
c. campak, meningitis, tifus
d. campak, malaria, tifus
e. campak, malaria, infeksi dengue
Question 9
Marks: 1
Seorang anak laki-laki umur 12 tahun, sering mengeluh mata gatal, terutama pada siang hari dan sore hari, terutama juga pada musim panas. Pada pemeriksaan terlihat mata sedikit merah, dan karena sering digosok-gosok tampak penebalan pada konjungtiva bulbi, dan berwarna agak coklat merah. Penglihatan tidak terganggu. Apakah kemungkinan yang dialami oleh pasien ini?
Choose one answer.
a. Conjunctivitis Fictaenularis
b. Conjuncticitis Varnalis
c. Conjunctivitis Catarhalis Acuta
d. Atopic Conjunctivitis
e. Trachoma
Question 10
Marks: 1
Gambaran radiologi yang penting dan perlu dilakukan penilaian pada foto thorax TB primer anak
Choose one answer.
a. Gambaran lesi noduler, multiple di kedua pulmo
b. Perselubungan inhomogen dengan gambaran reticuloglanduler dan air bronchogram (+) di kedua pulmo
c. Adanya corakan vaskuler yang meningkat disertai pembesaran atrium dan ventrikel kanan
d. Corakan bronchovascular normal
e. Infiltrat di perihillar dan paracardial kedua pulmo dan pemadatan limphonodi perihillar bilateral

Pada saat bertugas di IRD, anda mendapat laporan tentang seorang anak 8 tahun yang tampak gelisah. Anak sulit makan dan minum. Anak telah menderita demam 8 hari dan cenderung memburuk. Anak telah mendapat terapiantibiotika oral. Respirasi 40 x / menit, Nadi 140 x/menit dan Tekanan darah 90 / 75 mmHg. Kondisi apakah yang sangat mungkin sedang anda hadapi ?
Choose one answer.
a. Syok anafilaksi
b. Syok septik
c. Syok kardiogenik
d. Syok hipoglikemik
e. Syok hipovolumik
Question 22
Marks: 1
Pada saat anda melaksanakan tugas jaga di IGD, kedatangan seorang pasien perempuan berumur 35 tahun dengan keluhan berdebar-debar. Pada pemeriksaan jantung pasien ini didapatkan opening snap dan bising mid diastolik rumble. Kemungkinan pada waktu anak-anak pasien tersebut pernah menderita infeksi oleh kuman :
Choose one answer.
a. Staphylococcus aureus
b. Streptococcus hemolyticus grup A
c. Streptococcus viridanas
d. Enterococcus
e. HACEK grup
Question 23
Marks: 1
Yang disebut kelenjar lakumalis asesoria adalah...
Choose one answer.
a. Kelenjar Meibom & Wolfrang
b. Kelenjar Meibom & Krause
c. Kelenjar Krause & Wolfrang
d. Kelenjar Moll & Meibom
e. Kelenjar Zeus & Moll
Question 24
Marks: 1
Seorang anak berusia 7 tahun mengalami demam tinggi dan nyeri tenggorok. Batuk pilek tidak nyata. Didapatkan faring hiperemi, tonsil membengkak dengan eksudat kekuningan. Penyebab apakah yang paling mungkin pada kasus di atas ?
Choose one answer.
a. Mycolasma pneumonia
b. H. Influenza
c. S. Pneumonia
d. S. Pyogenes
e. Chlamydia psittaci
Question 25
Marks: 1
Salah satu Puskesmas di wilayah DIY tiba-tiba menjadi sorotan dari dinas kesehatan. karena Insidensi yang tinggi pada penyakit TBC, di wilayah Puskesmas tersebut terdapat perkampungan yang cukup padat penghuninya. Sudah dilakukan upaya-upaya berupa screening, upaya promotif maupun penerapan pengobatan dengan DOTS. Apakah yang dimaksud dengan insidensi?
Choose one answer.
a. Jumlah pasien baru dalam wilayah tertentu dalam waktu satu tahun
b. Jumlah pasien lama dan baru dalam wilayah tertentu pada saat terjadi wabah
c. Jumlah pasien baru dalam wilayah tertentu pada saat terjadi wabah
d. Jumlah pasien lama dan baru dalam satu wilayah tertentu dalam waktu satu tahun
e. Jumlah kematian akibat penyakit tertentu dalam satu wilayah dalam waktu satu tahun

seorang laki-laki 47 tahun, datang ke rumah sakit karena nyeri pinggang kiri. Nyeri dirasakan hilang timbul, dan menjalar ke daerah lipat paha. Pasien pernah mengalami sakit serupa, dan pernah kencing keluar seperti pasir dan kerikil sebesar biji gabah. Saat sakit kadang kencing menjadi berwarna kemerahan. Dokter memeriksa nyeri ketok regio flank kiri, pasien merasa kesakitan. Pasien akan dilakukan pemeriksaan Foto Rongsen tetapi menolak karena takut disuntik. Hasil laboratorium urine: lekosit (+); eritrosit (++); epitel 2-5; crystal (+) oksalat. Kesimpulan apa yang paling tepat atas hasil laboratorium urine?
Choose one answer.
a. Pasien mengalami pembesaran prostat
b. Terjadi kerusakan tubulus renalis
c. Dalam batas normal
d. BSK menyebabkan ISK
Question 27
Marks: 1
Seorang anak berusia 2 tahun mengalami biru-biru di kulit dan bintik-bintik merah merata, terutama di tungkai. Dua minggu sebelumnya anak mengalami batuk pilek dan dikatakan infeksi virus. Tidak ada hepatosplenomegali atau pembesaran limfonodi. Pemeriksaan fisik sistem lain dalam batas normal. Pemeriksaan laboratorium menunjukkan kadar Hb, jumlah leukosit dan hitung jenis leukosit serta hematokrit normal. Jumlah trombosit 15.000/mmk. Diagnosis apakah yang paling mungkin pada kasus tersebut?
Choose one answer.
a. anemia aplastik
b. penyakit Von Willebrand
c. leukemia akut
d. thrombotic thrombocytopenic purpura
e. immune thrombocytopenic purpura (ITP)
Question 28
Marks: 1
Seorang bayi laki-laki lahir dari ibu G4P1A0, spontan ditolong bidan, berat badan lahir 3.100 gram. Bayi langsung menangis kuat dan bayi dirawat gabung setelah perawatan rutin. Satu hari setelah lahir, bayi tampak pucat dan lemah serta tidak mau minum ASI. Dari tali pusatnya tampak darah merembes terus menerus. Pada keadaan manakah tindakan pencegahan terhadap kejadian tersebut efektif?
Choose one answer.
a. pada bayi yang mempunyai faktor risiko
b. jika diberikan deksametason satu seri sebelum persalinan
c. jika diberikan gamma globulin
d. pada semua bayi, segera setelah lahir
e. jika diberikan vitamin K sebelum persalinan
Question 29
Marks: 1
Seorang anak laki-laki, berusia 2 tahun, dibawa ke dokter keluarga dengan keluhan gatal pada leher dan punggungnya sejak 5 hari yang lalu. Pemeriksaan fisik menunjukkan dahi, leher dan punggung tampak papul eritem, milier, monomorf, multiple, tersebar. Tidak ada riwayat minum obat sebelumnya. Apakah terapi yang paling tepat untuk kasus tersebut ?
Choose one answer.
a. Bedak kocok salisilat
b. Salep 2-4
c. Salep betametason
d. Krim Asam fusidat
e. Salep Whitfield
Question 30
Marks: 1
Mahasiswi, 23 tahun, datang ke Puskesmas dengan keluhan sering merasakan cemas dan takut, hampir setiap hari walaupun tidak ada penyebab yang jelas, sejak 6 bulan yang lalu. Penderita juga sulit tidur, jantung berdebar-debar, keringat dingin, seluruh badan lemas, merasa tak berdaya, tangan dan kaki terasa dingin. Sehingga makin membuat penderita malas berkonsultasi kepada pembimbing skripsinya yang terkenal "killer". Penderita terganggu dengan keluhan tersebut, ia sadar kecemasannya tidak beralasan, namun sulit untuk menghilangkannya. Kriteria diagnosis untuk diagnosis kasus di atas adalah
Choose one answer.
a. Kecemasan berlebihan terhadap keluhan fisik yang dirasakan
b. Kekhawatiran berlebih terhadap sesuatu, berlangsung hampir tiap hari
c. Terdapatnya reexperiencing dan perilaku menghindar terhadap stressor
d. Kecemasan terjadi secara mendadak dan mencapai puncaknya dalam 10 menit
e. Kecemasan berlebihan terhadap objek /situasi spesifik

Seorang ibu umur 36 tahun, hamil kelima, anak hidup 4, datang dikirim oleh bidan puskesmas dengan keterangan letak lintang dan kala II lama. Pemeriksaan dokter jaga menunjukkan adanya ruptura uteri. Apakah terapi pilihan pada kasus di atas?
Choose one answer.
a. laparatomi dan histerektomi
b. embriotomi
c. seksio sesarea dengan sterilisasi
d. versi ekstraksi
e. seksio cesarea
Question 32
Marks: 1
Pria 55 tahun sedang dievaluasi untuk konstipasi. Tidak ada riwayat gastrectomy sebelumnya. Hb 10 g/dl, MCV 72 fL, besi serum ( SI) 4 ug/dl (normal 50-150 ug/dL), IBC (iron binding capacity) 450 ug/dL (normal 250-370 ug/dl), saturasi transferin 1% (normal 20-45%), dan ferritin 10 ug/dL (normal 15-400 ug/dL. Tahap manakah yang terbaik untuk evaluasi pada pasien anemia ini?
Choose one answer.
a. X-Ray
b. Colonoscopy
c. Pemeriksaan kadar asam folat.
d. BMP
e. Iron absorption studies
Question 33
Marks: 1
Wanita 70 tahun dengan berat badan menurun, konstipasi dan darah feses positip. Hasil pemeriksaan anemia mikrositik dengan SI rendah dan IBC meningkat.
Choose one answer.
a. Anemia penyakit kronis
b. Thalassemia
c. Sideroblastic anemia
d. Anemia penyakit ginjal
e. Anemia defisiensi besi
Question 34
Marks: 1
Salah satu Puskesmas di wilayah DIY tiba-tiba menjadi sorotan dari dinas kesehatan. karena Insidensi yang tinggi pada penyakit TBC, di wilayah Puskesmas tersebut terdapat perkampungan yang cukup padat penghuninya. Sudah dilakukan upaya-upaya berupa screening, upaya promotif maupun penerapan pengobatan dengan DOTS. Manakah pernyataan ini berikut ini yang benar untuk kasus diatas?
Choose one answer.
a. Pasive case detection tidak perlu diterapkan untuk penyakit TBC
b. Survei khusus penyakit tidak bisa diterapkan untuk penyakit TBC
c. Diantara contoh passive case detection ialah menunggu pasien datang ke Puskesmas
d. Active case detection tidak perlu diterapkan untuk penyakit TBC
e. Screening termasuk pasif case detection
Question 35
Marks: 1
Seorang anak sekolah sering gatal & merah pada kedua mata kumat-kumatan. Apakah penyebab paling mungkin kelainan pada anak di atas?
Choose one answer.
a. Ada mekanisme impersensitif tipe III
b. Pengobatan steroid tidak efektif
c. Kelamin penurunan visusnya
d. Kelainan bisa tipe palpebra atau kubal
e. Pengobatan steroid glukoma takkan terjadi

Seorang bapak 57 tahun mengeluh sejak usia 18 tahun punya benjolan kecil di leher kiri belakang, tidak sakit sama sekali. Dalam waktu 5 tahun terakhir benjolan kelihatan tumbuh membesar hingga sebesar telur angsa, tetapi tetap tidak sakit. Pada puncak benjolan terdapat semacam mata ikan (punctat). Perabaannya lunak tidak bersekat-sekat. Dua hari sebelum masuk RS pasien demam tinggi. Benjolan berwarna kemerahan, nyeri bila ditekan. Apakah rencana penanganan pasien tersebut?
Choose one answer.
a. Radiasi
b. Eksisi
c. Eksisi + diseksi limfonodi
d. Biopsi
e. Eksisi dilanjutkan radiasi
Question 37
Marks: 1
Manakah yang merupakan indikasi dilakukannya resusitasi pada bayi baru lahir?
Choose one answer.
a. Frekuensi jantung < 10 per 10 detik
b. Frekuensi napas < 60
c. Ujung ekstrimitas kebiruan
d. Frekuensi jantung < 10 per 6 detik
e. Apgar skor < 5
Question 38
Marks: 1
Pada penderita Demam Haemorrhgic Fever (DHF) hari ke-5, penderita merasa sesak napas, kemudian dilakukan foto thorax seperti di bawah ini dan gambaran radiologi yang paling sering didapatkan, adalah:
Choose one answer.
a. Foto thorax posisi PA dengan cardiomegali
b. Foto thorax posisi LLD dengan gambaran effusi pleura dextra
c. Foto thorax top lordotic
d. Foto thorax posisi RLD dengan gambaran effusi pleura dihemithorax dextra
e. Foto thorax posisi AP/lateral dengan gambaran pneumonia
Question 39
Marks: 1
Seorang anak 5 tahun yang berasal dari keluarga yang cukup kaya dan berpendidikan dirujuk kepada anda karena mempunyai status gizi kurang mendekati gizi buruk. Informasi apakah yang anda perlukan untuk mencari penyebab organik kejadian tersebut ?
Choose one answer.
a. Pengetahuan orang tuanya mengenai pola makan yang seimbang
b. Riwayat kelahiran anak
c. Keharmonisan hubungan kedua orang tuanya
d. Riwayat kesehatan anak
e. Riwayat pertumbuhan anak
Question 40
Marks: 1
Penderita wanita 40 tahun dengan keluhan 1 minggu perut terasa kembung, BAB dan flatus (-). Jika pada kasus di atas didapatkan gambaran air fluid level, hearing bone appearance dan tampak opasitas di kuadran kanan bawah abdomen, apakah diagnosis yang paling tepat?
Choose one answer.
a. Megacolon congenital
b. Pneumoperitoneum
c. Peritonitis
d. Ileus paraliticus
e. Ileus Obstructivus curiga massa di regio abdomen kanan bawah

Pada penderita dengan klinis Low Back Pain, Pemeriksaan radiology yang dapat anda usulkan, adalah seperti di bawah ini,:
Choose one answer.
a. USG Abdomen, OMD
b. Pemeriksaan MRI (Magnetic Ressonance Imaging), Arteriografi
c. Pemeriksaan Oesophagus Maag Duodenum (OMD)
d. Foto polos region lumbosacral posisi AP/lateral, Pemeriksaan BNO-IVP
e. Arteriografi, USG abdomen, IVP
Question 42
Marks: 1
Gambaran Foto thorax pada trauma tumpul dada dengan jejas (+): tampak gambaran perselubungan di hemithorax dextra dengan sinus costofrenicus dextra tumpul. Tampak area luscen tanpa corakan paru di hemithorax sinistra, tampak fractura costa 5,6 aspek lateral sinistra. Diagnosis radiologinya:
Choose one answer.
a. Hematothorax dextra dan cavitas pulmo sinistra dengan fractura costa 5,6 aspek lateral sinistra.
b. Hematopneumothorax bilateral dengan fractura costa 5,6 aspek lateral sinistra.
c. Effusi pleura dextra, emfisematous lung dan fractura costa 5,6 aspek lateral sinistra.
d. Effusi pleura dextra dengan atelektasis pulmo sinistra
e. Hematothorax dextra dan Pneumothorax sinistra dengan fractura costa 5,6 aspek lateral sinistra.
Question 43
Marks: 1
Seorang dokter puskesmas menerima laporan bahwa di suatu kelurahan di wilayah kerjanya terdapat 1 orang anak yang sedang dirawat di rumah sakit karena menderita DBD. Orangtua anak tersebut meminta dokter puskesmas untuk melakukan pengasapan insektisida dan bersedia menanggung biaya pengasapan. Apakah tindakan yang pertama kali harus dilakukan oleh dokter puskesmas tersebut?
Choose one answer.
a. Pencatatan kasus
b. Koordinasi lintas sektoral
c. Pengasapan insektisida
d. Penyelidikan epidemiologi
e. Penyuluhan tentang DBD
Question 44
Marks: 1
Penderita malaria yang sedang mendapat terapi kina, sering mengalami :
Choose one answer.
a. Hiponatremia
b. Hipotensi
c. Hipoglikemia
d. Hipokalemia
e. Hipoalbuminemia
Question 45
Marks: 1
Seorang anak perempuan berusia 2 tahun dibawa ibunya ke puskesmas dengan perut membuncit dan rambut tipis kemerahan. Pada pemeriksaan fisik didapatkan berat badan 8 kg, ascites, edema tungkai dan crazy-pavement dermatosis. Apakah diagnosis yang paling mungkin pada kasus di atas?
Choose one answer.
a. Marasmus
b. Sindroma nefrotik
c. Kwarshiokor
d. Pellagra
e. Beri-beri

Laki-laki usia 68 tahun menderita sesak nafas yang kronis, di rawat di rumah sakit di instalasi perawatan intensif (ICU). Terpasang selang O2 : 4 mmHg/menit, dengan saturasi oksigen 85%. T 90/70 mmHg, R 24 x/menit, N 100x/menit. Data laboratorium Hb 12 g/dl, Ht 36 %, AL 13.000/mm3, LED 80/100 mm/jam, BGA : pH 7,30. pCO2 60 mmHg, HCO3 34 mEq/L, BE -1,5 mmol/L. Gangguan keseimbangan asam basa pasien tersebut adalah:
Choose one answer.
a. Alkalosis respiratorik
b. Asidosis respiratorik
c. Alkalosis metabolik terkompensata
d. Alkalosis metabolik
e. Asidosis metabolik
Question 47
Marks: 1
Pada saat kepala masuk panggul, sutura sagitalis berada pada posisi :
Choose one answer.
a. oblique kiri
b. melintang
c. oblique kanan
d. anteroposterior di tengah
e. anteroposterior di kiri bagi janin dengan posisi punggung kiri
Question 48
Marks: 1
Hubungan antara berat bayi lahir rendah dan kebiasaan merokok selama kehamilan dapat diteliti dengan mendapatkan riwayat merokok dari ibu hamil pada saat periksa kehamilan dan selanjutnya menghubungkan berat lahir bayi dengan riwayat merokok. Apakah desain penelitian yang paling tepat untuk masalah di atas?
Choose one answer.
a. Observation
b. Cohort
c. Cross sectional
d. Case control
e. Clinical trial
Question 49
Marks: 1
Anda bekerja sebagai dokter puskesmas. Datang pasien anak umur 3 tahun, mengalami diare 2 hari. Ibunya mengatakan diare tiba-tiba berhenti, yang keluar tinggal lendir darah. Anaka tampak kesakitan dan nangis merintih. Dari pemeriksaan fisik, teraba massa pada perut kanan bawah. Diagnosis apa yang paling mungkin pada kasus di atas?
Choose one answer.
a. Invaginasi
b. Tumor abdomen
c. Appendicitis akut
d. Apidicitis perforasi
Question 50
Marks: 1
Laki-laki 56 th, perokok berat, sudah 1 bulan mengalami nyeri kaki kiri. Pada awalnya kaki terasa panas, nyeri bertambah bila untuk aktifitas. Bila kaki diraba terasa dingin, sementara kaki sebelahnya tetap hangat. Beberapa hari kemudian timbul koreng di ujung jari kelingking. Hasil pemeriksaan Laboratorium: HB 12 gr/L; AL 14.000/mmk; gula darah 190 gr%. Mengapa timbul koreng?
Choose one answer.
a. Mikroangiopati
b. Gangren diabetik
c. Nekrosis akibat iskemia
d. Degenerasi maligna
e. Abses yang pecah

Seorang gadis 20 tahun, khawatir akan menderita kanker payudara. Ibu kandungnya meninggal beberapa bulan lalu karena penyakit tersebut yang sudah menyebar. Bibinya juga saat ini dinyatakan mengalami gejala kanker payudara, tinggal menunggu suatu hasil pemeriksaan. Gadis itu sering terobsesi mengalami benjolan di payudaranya. Saran apakah yang paling tepat bagi gadis tersebut, untuk dapat dilakukannya setiap bulan?
Choose one answer.
a. Breast self-examination
b. Breast clinical examination
c. Complete laboratory examination
d. Genetic analysis
Question 52
Marks: 1
Anda bekerja sebagai dokter puskesmas. Datang pasien anak umur 3 tahun, mengalami diare 2 hari. Ibunya mengatakan diare tiba-tiba berhenti, yang keluar tinggal lendir darah. Anaka tampak kesakitan dan nangis merintih. Dari pemeriksaan fisik, teraba massa pada perut kanan bawah. Anda akan merujuk pasien kerumah sakit. Motivasi apa yang paling tepat untuk orang tua pasien?
Choose one answer.
a. Anak tidak akan dioperasi, tetapi opname cukup lama
b. Anak harus segera ditransfusi, keluarga harus mencari darah yang sesuai.
c. Anak akan diperiksa dengan Foto Rongsen, mungkin tidak dioperasi.
d. Anak harus dioperasi untuk menyelamatkan jiwanya
Question 53
Marks: 1
Seorang G1 P0 A0 umur 35tahun, hamil 40 minggu, datang ke rumah sakit karena sudah dalam persalinan. Pada waktu datang di kamar bersalin, pembukaan serviks 2 cm, dan 4 jam kemudian pembukaan 4cm. Pada evaluasi 4 jam berikutnya, pembukaan tetap 4 cm, interval his 5-6 menit, lemah dan durasi 10-15 detik. Penanganan yang paling sesuai untuk kasus di atas, adalah :
Choose one answer.
a. tidak perlu intervensi, cukup di observasi saja
b. ekstraksi vakum
c. seksio cesarea
d. infus oksitocin drip
e. injeksi metergin intramuskuler
Question 54
Marks: 1
Gambaran Foto thorax pada trauma tumpul dada dengan jejas (+): tampak gambaran perselubungan di hemithorax dextra dengan sinus costofrenicus dextra tumpul. Tampak area luscen tanpa corakan paru di hemithorax sinistra, tampak fractura costa 5,6 aspek lateral sinistra. Diagnosis radiologinya:
Choose one answer.
a. Effusi pleura dextra dengan atelektasis pulmo sinistra
b. Effusi pleura dextra, emfisematous lung dan fractura costa 5,6 aspek lateral sinistra.
c. Hematothorax dextra dan cavitas pulmo sinistra dengan fractura costa 5,6 aspek lateral sinistra.
d. Hematopneumothorax bilateral dengan fractura costa 5,6 aspek lateral sinistra.
e. Hematothorax dextra dan Pneumothorax sinistra dengan fractura costa 5,6 aspek lateral sinistra.
Question 55
Marks: 1
Pada penderita dengan klinis Low Back Pain, Pemeriksaan radiology yang dapat anda usulkan, adalah seperti di bawah ini,:
Choose one answer.
a. Arteriografi, USG abdomen, IVP
b. Pemeriksaan MRI (Magnetic Ressonance Imaging), Arteriografi
c. Pemeriksaan Oesophagus Maag Duodenum (OMD)
d. Foto polos region lumbosacral posisi AP/lateral, Pemeriksaan BNO-IVP
e. USG Abdomen, OMD

Seorang anak dibawa ke klinik dokter keluarga karena sesak napas. Didapatkan wheezing. Serangan seak napas sebelumnya lebih kurang 3 bulan yang lalu. Setelah nebulisasi dengan salbutamol 2 kali, anak tampak tidak sesak napas. Pada evaluasi ternyata anak tidak sesak napas dan stabil dalam 2 jam. Diagnosis apakah yang paling mungkin ?
Choose one answer.
a. asma serangan ringan
b. asma serangan akut
c. asma persisten
d. asma serangan sedang
e. asma serangan berat
Question 57
Marks: 1
Gambaran radiologi yang penting dan perlu dilakukan penilaian pada foto thorax TB primer anak
Choose one answer.
a. Corakan bronchovascular normal
b. Infiltrat di perihillar dan paracardial kedua pulmo dan pemadatan limphonodi perihillar bilateral
c. Perselubungan inhomogen dengan gambaran reticuloglanduler dan air bronchogram (+) di kedua pulmo
d. Gambaran lesi noduler, multiple di kedua pulmo
e. Adanya corakan vaskuler yang meningkat disertai pembesaran atrium dan ventrikel kanan
Question 58
Marks: 1
Keluarga pasien B terdiri dari suami dan istri yang menikah kedua kalinya dengan masing-masing membawa 2 anak dari perkawinan pertama dan sekarang mempunyai 1 anak dari perkawinan kedua. Disebut apakah keluarga pasien tersebut?
Choose one answer.
a. Blended family (keluarga campuran)
b. Extended family (keluarga besar)
c. Nuclear family (keluarga inti)
d. Serial family (keluarga serial)
e. Composite family (keluarga gabungan)
Question 59
Marks: 1
Sebagai seorang ahli epidemiologi, Anda diminta untuk merekomendasikan desain penelitian yg sesuai dengan kebutuhan para peneliti yang ingin meneliti penyebab-penyebab dari suatu bentuk sarcoma yang langka. Para peneliti tsb telah menemukan pendataan kanker jenis ini dan mendapatkan akses ke suatu database pasien yang besar, namun hanya dalam beberapa tahun terakhir. Mereka mendapatkan pendanaan penelitian hanya untuk 1 tahun dan sangat terbatas. Apakah desain penelitian yang akan Anda rekomendasikan?
Choose one answer.
a. Observation
b. Clinical trial
c. Cross sectional
d. Case control
e. Cohort
Question 60
Marks: 1
Seorang laki-laki umur 60 tahun datang ke instalasi gawat darurat (IGD) dengan keluhan sesak nafas bila beraktivitas, sesak di malam hari dan sesak bila berbaring. Faktor risiko pada pasien ini adalah hipertensi. Diagnosis cor pulmonale dapat ditegakkan, bila didapatkan :
Choose one answer.
a. kelainan anatomi dan/atau fungsi paru, pembesaran atrium kiri
b. kelainan anatomi dan/atau fungsi paru, pembesaran ventrikel kanan dan kiri
c. kelainan anatomi dan/atau fungsi paru, pembesaran ventrikel kanan
d. kelainan anatomi dan/atau fungsi paru, pembesaran atrium kanan
e. kelainan anatomi dan/atau fungsi paru, pembesaran ventrikel kiri

Hubungan antara berat bayi lahir rendah dan kebiasaan merokok selama kehamilan dapat diteliti dengan mendapatkan riwayat merokok dari ibu hamil pada saat periksa kehamilan dan selanjutnya menghubungkan berat lahir bayi dengan riwayat merokok. Apakah desain penelitian yang paling tepat untuk masalah di atas?
Choose one answer.
a. Case control
b. Cohort
c. Observation
d. Clinical trial
e. Cross sectional
Question 62
Marks: 1
Seorang bapak 57 tahun mengeluh sejak usia 18 tahun punya benjolan kecil di leher kiri belakang, tidak sakit sama sekali. Dalam waktu 5 tahun terakhir benjolan kelihatan tumbuh membesar hingga sebesar telur angsa, tetapi tetap tidak sakit. Pada puncak benjolan terdapat semacam mata ikan (punctat). Perabaannya lunak tidak bersekat-sekat. Dua hari sebelum masuk RS pasien demam tinggi. Benjolan berwarna kemerahan, nyeri bila ditekan. Apakah kemungkinan diagnosis pasien tersebut?
Choose one answer.
a. Keganasan jaringan lunak
b. Lipoma
c. Higroma kistika
d. NHL
e. Kista atheroma
Question 63
Marks: 1
Penderita dengan klinis benjolan pada payudara kanan dan terasa nyeri bila ditekan. Pemeriksaan Histopathologi menyebutkan Karsinoma Mammae dextra. Pemeriksaan radiologi apa yang paling tepat yang dapat anda usulkan untuk membantu penegakan diagnosis atau menentukan stadium Ca mammae pada penderita tersebut?
Choose one answer.
a. Aspirasi Jarum Halus (AJH) dengan guiding (panduan) USG
b. Foto thorax, USG abdomen, USG mammae, mammography
c. Mammography, USG Abdomen
d. BNO IVP, Colon in Loop, USG mammae , Mammography
e. Bone scanning, CT scan kepala, foto thorax
Question 64
Marks: 1
Akibat kelalaian menuang air panas untuk mandi, seorang anak umur 3 tahun jadi korban. Ibunya belum menambah air dingin, sang anak sudah mencebur ke ember air. Terjadi luka bakar di kedua tungkai sampai pantat dan kemaluan, tampak lepuh-lepuh, namun masih belum ada kulit yang mengelupas. Anak segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Berat badan anak 20 kg. Anak tersebut mengalami luka bakar derajat yang mana?
Choose one answer.
a. Derajat 3
b. Derajat 1
c. Derajat 2
d. Derajat 4
Question 65
Marks: 1
Manakah terapi yang paling sesuai sebagai bagian dari terapi TB paru pada anak ?
Choose one answer.
a. rifampisin selama 2 bulan pertama
b. INH selama 2 bulan pertama
c. pyrazinamid selama 6 bulan
d. rifampisin selama 4 bulan
e. pyrazinamid hanya 2 bulan pertama

Seorang gadis 22 tahun, mengeluh ada benjolan di payudara kiri pada kuadran luar atas. Benjolan sejak 2 bulan ini teraba sebesar biji rambutan, kenyal, batas tegas, mudah digerakkan dan tidak nyeri. Pasien memiliki tante yang menderita kanker ganas payudara dan sudah diamputasi. Apakah pemeriksaan penunjang paling sederhana yang dapat menentukan solid atau kistik massa tersebut?
Choose one answer.
a. MRI
b. USG
c. Aspirasi jarum halus
d. CT Scan
e. Mammography
Question 67
Marks: 1
Seorang laki-laki datang ke UGD rumah sakit diantar polisi karena kecelakaan lalu-lintas. Setelah diperiksa, ditemukan bahwa pasien compos mentis, vital sign dalam batas normal, dan terdapat fraktur pada femur kanan. Oleh bagian bedah diputuskan untuk dilakukan pembedahan dan debridemen cito. Pasien mengaku makan terakhir 2 jam sebelum dibawa ke rumah sakit. Jika pasien di atas, ternyata mengalami kesulitan napas karena sumbatan di mulut. Di bawah ini bukan termasuk triple maneuver jalan napas:
Choose one answer.
a. Buka mulut
b. Suction mulut
c. Jaw trust
d. Chin lift
e. Ekstensi kepala
Question 68
Marks: 1
Seorang anak laki-laki 5 tahun tiba-tiba mengalami pucat dan sesak napas. Pada pemeriksaan fisik didapatkan anemia dan gagal jantung. Sebelumnya diketahui anak makan kacang koro. Tidak ada riwayat pucat atau sesak napas sebelumnya dan anak tidak pernah didiagnosis penyakit jantung bawaan. Diagnosis apakah yang paling mungkin ?
Choose one answer.
a. anemia Fanconi
b. anemia defisiensi besi
c. anemia hemolitik
d. leukemia
e. anemia aplastik
Question 69
Marks: 1
Seorang anak 3 tahun mempunyai kontak erat TB dengan BTA positif, KU baik, klinis baik, tes tuberkulin negatif. Langkah apakah yang tepat pada anak tersebut?
Choose one answer.
a. terapi OAT lengkap sesuai DOTS
b. pengobatan profilaksi primer
c. pengobatan profilaksi sekunder
d. imunisasi BCG ulang
e. observasi ketat dan evaluasi ulang dalam 3 bulan
Question 70
Marks: 1
Mahasiswi, 23 tahun, datang ke Puskesmas dengan keluhan sering merasakan cemas dan takut, hampir setiap hari walaupun tidak ada penyebab yang jelas, sejak 6 bulan yang lalu. Penderita juga sulit tidur, jantung berdebar-debar, keringat dingin, seluruh badan lemas, merasa tak berdaya, tangan dan kaki terasa dingin. Sehingga makin membuat penderita malas berkonsultasi kepada pembimbing skripsinya yang terkenal "killer". Penderita terganggu dengan keluhan tersebut, ia sadar kecemasannya tidak beralasan, namun sulit untuk menghilangkannya. Diagnosis yang paling tepat untuk kasus di atas adalah :
Choose one answer.
a. Reaksi Stress Akut
b. Gangguan Panik
c. Depresi Sedang dengan somatisasi
d. Gangguan Cemas Menyeluruh
e. Gangguan Anxietas Phobic

Seorang laki-laki datang ke UGD rumah sakit diantar polisi karena kecelakaan lalu-lintas. Setelah diperiksa, ditemukan bahwa pasien compos mentis, vital sign dalam batas normal, dan terdapat fraktur pada femur kanan. Oleh bagian bedah diputuskan untuk dilakukan pembedahan dan debridemen cito. Pasien mengaku makan terakhir 2 jam sebelum dibawa ke rumah sakit. Apakah pelumpuh otot yang diberikan untuk pasien diatas jika akan dilakukan intubasi?
Choose one answer.
a. Ketamin
b. Etomidat
c. Diazepam
d. Rocuronium
e. Midazolam
Question 77
Marks: 1
Wanita 50 tahun dengan keluhan nyeri dan bengkak di bagian proximal interphalangeal, kedua pergelangan tangan, dan kedua lutut. Bila pagi hari timbul kekakuan pada persendian tersebut. Riwayat histerektomi 10 tahun yang lalu. Pemeriksaan fisik memperlihatkan bengkak dan kenyal pada daerah persendian yang sakit tersebut. Hb 10.3 g/dL, MCV 80 fL, SI 8 ug/dL, IBC 200 ug/dL, dan saturasi 10%. Pilih salah satu, diganosis manakah yang benar?
Choose one answer.
a. Anemia karena penyakit kronis.
b. Kehilangan darah saat BAB.
c. Sideroblastic anemia
d. Anemia hemolitik.
e. Kekurangan Vitamin
Question 78
Marks: 1
Pada kornea, struktur berikut ini kaya akan enzim NA+K+ATPase...
Choose one answer.
a. Lapisan epitel
b. Stroma
c. Endotelium
d. Membran descemet
e. Membran bowman
Question 79
Marks: 1
Seorang perempuan 44 tahun dengan keluhan gelisah dan tidak tahan pada cuaca panas. Tekanan darah 170/100 mmHg. Nadi 92 kali/menit. Tidak ditemukan pembersaran tiroid. Darah dan urin rutin dalam batas normal
Choose one answer.
a. Pemeriksaan faal tiroid perlu ditetapkan
b. Merupakan hipertensi esensial
c. Perlu pemeriksaan etilogi diarahkan pada profil lipid
d. Pemeriksaan faal ginjal dapat disingkirkan
e. Mendesak diperlukan pemeriksaan kadar elektrolit.
Question 80
Marks: 1
Seorang anak dibawa ke klinik dokter keluarga karena sesak napas. Didapatkan wheezing. Serangan seak napas sebelumnya lebih kurang 3 bulan yang lalu. Setelah nebulisasi dengan salbutamol 2 kali, anak tampak tidak sesak napas. Kapankah saat yang tepat untuk memeriksa ulang anak tersebut ?
Choose one answer.
a. 20 menit setelah nebulisasi
b. 2 jam setelah nebulisasi
c. segera setelah nebulisasi selesai
d. jika anak tampak membaik
e. 60 menit setelah nebulisasi

Korban gempa bumi, laki-laki 25 tahun, patah tulang cruris terbuka, dipasang plate dan srew. Setelah luka hampir sembuh, keluar nanah dari salah satu bekas jahitan kulit. Hingga saat ini (hampir 2 tahun) luka itu masih terbuka dan platina terlihat dari luar. Luka masih sering sakit, meradang dan keluar nanah. Apa penyebab yang paling mungkin dari kondisi tersebut?
Choose one answer.
a. Kesalahan ukuran screw
b. Osteomyelitis
c. Kesalahan ukuran plate
d. Selulitis
e. Kurang gizi
Question 82
Marks: 1
Seorang laki-laki berusia 45 tahun, datang ke dokter praktik umum dengan keluhan bercak merah dan panas pada paha kaki kanan. Keluhan ini dirasakan sejak 3 hari yang lalu. Pada pemeriksaan fisik diperoleh patch eritem batas tegas dengan nekrosis pada bagian tengah pada daerah paha bagian medial. Apakah anamnesis yang paling tepat dilakukan untuk menegakkan diagnosis pada kasus di atas?
Choose one answer.
a. Apakah Bapak suka berkebun?
b. Apakah ada riwayat minum obat?
c. Apakah ada riwayat pemakaian obat oles?
d. Apakah disertai rasa gatal ?
e. Apakah ada riwayat makan udang?
Question 83
Marks: 1
Seorang gadis, 20 tahun, jatuh dari sepeda motor, bahu membentur trotoar jalan. Nyeri di pundak kiri, dengan penonjolan daerah clavicula. Pasien sadar, datang ke UGD RS naik angkutan umum. Pemeriksaan fisik: VS T = 120/80; N = 80; R = 16; t = 36,7. Radiografi menunjukkan fraktur klavikula kiri, 1/3 tengah tertutup, alignment baik, dengan hematom pada lokasi fraktur. Apakah penanganan yang tepat pada pasien tersebut?
Choose one answer.
a. Stabilisasi ABC
b. Rencanakan transfusi
c. Rencanakan operasi ORIF
d. Infus 2 jalur
e. Pemasangan ransel verban
Question 84
Marks: 1
Korban gempa bumi, laki-laki 25 tahun, patah tulang cruris terbuka, dipasang plate dan srew. Setelah luka hampir sembuh, keluar nanah dari salah satu bekas jahitan kulit. Hingga saat ini (hampir 2 tahun) luka itu masih terbuka dan platina terlihat dari luar. Luka masih sering sakit, meradang dan keluar nanah. Apakah penanganan paling tepat pada pasien tersebut?
Choose one answer.
a. Removal Plate & Screw
b. Skin grafting
c. Antibiotika broadspektrum
d. Kultur dan sensitifitas
e. Penggunaan bouble antibiotika
Question 85
Marks: 1
Wanita, 20 tahun, dibawa ke Puskesmas karena demam, nyeri kepala, muntah. Pada pemeriksaan didapatkan kaku kuduk (+) dan penurunan kesadaran. Penderita tampak gelisah, bingung dan bicara kacau. Penderita berteriak-teriak ketakutan karena merasa didatangi makhluk yang mengerikan yang akan mengajaknya pergi. Tidak didapatkan riwayat gangguan jiwa sebelumnya. DD yang paling mendekati untuk kasus di atas adalah :
Choose one answer.
a. Gangguan Penyesuaian
b. Delirium
c. Reaksi Stress Akut
d. Gangguan Afektif
e. Demensia

Seorang ibu hamil berusia 35 tahun G1 P0 A0 mengalami perdarahan yang banyak di rumah. Sebagai dokter keluarga, pertolongan pertama apa yang paling tepat dan segera anda lakukan?
Choose one answer.
a. Pemeriksaan dalam
b. Persiapan operasi
c. Segera dilakukan pemasangan infus cairan dan dibawa ke rumah sakit
d. Pemasangan tampon dalam vagina
e. Segera dilakukan pengadaan darah di rumah sakit
Question 72
Marks: 1
Seorang anak perempuan 5 tahun mempunyai kebiasaan makan beras dan menggigit pensil. Riwayat makanan didapatkan anak suka minum susu sapi dan tidak suka makan daging atau ikan. Pemeriksaan fisik menunjukkan anemia. Data pemeriksaan fisik manakah yang paling mungkin anda jumpai ?
Choose one answer.
a. hepatosplenomegali
b. sianosis
c. limfadenopati
d. gallop
e. telapak tangan pucat
Question 73
Marks: 1
Akibat kelalaian menuang air panas untuk mandi, seorang anak umur 3 tahun jadi korban. Ibunya belum menambah air dingin, sang anak sudah mencebur ke ember air. Terjadi luka bakar di kedua tungkai sampai pantat dan kemaluan, tampak lepuh-lepuh, namun masih belum ada kulit yang mengelupas. Anak segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Berat badan anak 20 kg.Berapakah kebutuhan cairan anak ini dalam 8 jam pertama?
Choose one answer.
a. 3200-4000 cc
b. 1600-2000 cc
c. 800-1000 cc
d. Tergantung urine out put
Question 74
Marks: 1
Seorang anak perempuan 5 tahun mempunyai kebiasaan makan beras dan menggigit pensil. Riwayat makanan didapatkan anak suka minum susu sapi dan tidak suka makan daging atau ikan. Pemeriksaan fisik menunjukkan anemia. Diagnosis apakah yang paling mungkin ?
Choose one answer.
a. anemia Fanconi
b. anemia hemolitik
c. anemia aplastik
d. anemia defisiensi besi
e. leukemia
Question 75
Marks: 1
Ibu guru setelah sore hari mengeluh tidak bisa membaca koran lagi setelah ulang tahunnya yang ke 5 windu. Pada umur berapakah daya akomodasi mulai melemah sehingga orang emetrop mulai memerlukan kacamata seperti pada kasus di atas?
Choose one answer.
a. 60 Thn
b. 35 Thn
c. 30 Thn
d. 50 Thn
e. 40 Thn

Seorang laki-laki pegawai negeri mengeluh matanya sering berair. Sebelumnya terasa panas setelah mengerjakaan tugas di komputer. Apakah peran optik air atas pada kasus di atas?
Choose one answer.
a. Mengencerkan bahan toksin di prermukaan mata
b. Mempertahankan kelembaban sel-sel konjungtiva
c. Mempertahankan permukaan bias kornea
d. Membantu dalam proses pengeluaran kotoran mata
e. Melumasi permukaan dalam palpebra
Question 87
Marks: 1
Ibu guru setelah sore hari mengeluh tidak bisa membaca koran lagi setelah ulang tahunnya yang ke 5 windu. Pada kasus di atas pada umur berapakah kekuatan akomodasi akan lumpuh total ?
Choose one answer.
a. 50 Thn
b. 40 Thn
c. 55 Thn
d. 60 Thn
e. 45 Thn
Question 88
Marks: 1
Seorang laki-laki berusia 40 tahun dibawa keluarganya ke Puskesmas karena panas 3 hari disertai menggigil. Dokter menyatakan laki-laki tersebut dinyatakan positif malaria. Wilayah tempat tinggal laki-laki tersebut tiap tahun selalu saja ada penderita malaria. Sudah dilakukan berbagai upaya untuk melakukan pemberantasan nyamuk yang merupakan perantara penyebab malaria, diantaranya adalah fogging, pemberantasan sarang nyamuk, ikanisasi, pambagian kelambu dsb, tetapi masih ada saja warga yang sakit malaria. Manakah yang merupakan pengendalian biologis pada kejadian di atas?
Choose one answer.
a. Fogging
b. Ikanisasi
c. Pemberantasan sarang nyamuk
d. Pemberian abate
e. Pemakaian kelambu
Question 89
Marks: 1
Seorang laki-laki 46 tahun dengan klinis sehat riwayat HBsAg positip 5 tahun yang lalu. Pada pemeriksaan general check up didapatkan SGOT : 62 IU dan SGPT: 52 IU. Pernyataan berikut yang paling benar adalah
Choose one answer.
a. Hepatitis kronis aktif
b. Perlu pemeriksaan HbeAg
c. HBsAg pasti sudah negatif
d. Perlu anti-HBs lebih dulu
e. Dimungkinkan hepatitis akut
Question 90
Marks: 1
Seorang gadis, 20 tahun, jatuh dari sepeda motor, bahu membentur trotoar jalan. Nyeri di pundak kiri, dengan penonjolan daerah clavicula. Pasien sadar, datang ke UGD RS naik angkutan umum. Pemeriksaan fisik: VS T = 120/80; N = 80; R = 16; t = 36,7. Radiografi menunjukkan fraktur klavikula kiri, 1/3 tengah tertutup, alignment baik, dengan hematom pada lokasi fraktur. Pemeriksaan apa yang dapat menyingkirkan kegawatan akibat fraktur tersebut?
Choose one answer.
a. Urine out-put, kemungkinan hipovolemia
b. Pemeriksaan nadi radialis, kemungkinan cedera vasculer
c. Kadar Hb, mengetahui berapa kehilangan darah
d. Ro Shoulder joint, kemungkinan dislokasi humeri
e. Ro Thorax, kemungkinan cedera paru

Keluarga pasien B terdiri dari suami dan istri yang menikah kedua kalinya dengan masing-masing membawa 2 anak dari perkawinan pertama dan sekarang mempunyai 1 anak dari perkawinan kedua. Disebut apakah keluarga pasien tersebut?
Choose one answer.
a. Blended family (keluarga campuran)
b. Extended family (keluarga besar)
c. Composite family (keluarga gabungan)
d. Serial family (keluarga serial)
e. Nuclear family (keluarga inti)
Question 92
Marks: 1
Anak dengan demam harus kita curigai sebagai penderita malaria jika ...
Choose one answer.
a. menunjukkan gejala malaria
b. menggigil
c. berasal dari daerah risiko tinggi malaria
d. tidak menunjukkan adanya gejala infeksi fokal
e. semua demam < 7 hari
Question 93
Marks: 1
Seorang anak laki-laki 1 tahun BB 8,2 kg dibawa ke poliklinik dengan keluhan pucat sejak 1 minggu yang lalu. Pemeriksaan fisik tampak ikterik dan didapatkan splenomegali. Data lab: Hb 7,2 gr% leukosit 6.900/mmk, trombosit 194.000/mmk, MCV 70 fl,MCH 24 pg, MCHC 18 g/dL, gambaran basophilic stippling pada darah tepi. HbF 75%,HbA 15 % tes coombs negatif. Diagnosis apakah yang paling mungkin ?
Choose one answer.
a. ADB
b. Anemia megaloblastik
c. Anemia aplastik
d. AIHA
e. Talasemia
Question 94
Marks: 1
Seorang laki-laki 47 tahun, datang ke rumah sakit karena nyeri pinggang kiri. Nyeri dirasakan hilang timbul, dan menjalar ke daerah lipat paha. Pasien pernah mengalami sakit serupa, dan pernah kencing keluar seperti pasir dan kerikil sebesar biji gabah. Saat sakit kadang kencing menjadi berwarna kemerahan. Dokter memeriksa nyeri ketok regio flank kiri, pasien merasa kesakitan. Pasien akan dilakukan pemeriksaan Foto Rongsen tetapi menolak karena takut disuntik. Hasil laboratorium urine: lekosit (+); eritrosit (++); epitel 2-5; crystal (+) oksalat. Apa penyebab nyeri yang dialami penderita tersebut?
Choose one answer.
a. Infeksi
b. Sumbatan vena renalis
c. Jepitan arteri renalis
d. Sumbatan lumen ureter
Question 95
Marks: 1
Seorang dokter puskesmas di daerah terpencil mendapatkan kasus kematian yang diduga karena racun. Apabila pemeriksaan toksikologi tidak memungkinkan segera dilakukan, apakah bahan pengawet yang perlu ditambahkan guna mencegah pembusukan sample pada saat prose pengiriman ke laboratorium toksikologi?.
Choose one answer.
a. Formalin 10 %
b. Alkohol 70 %
c. Natrium klorida 0,9%
d. Formalin 40 %
e. Alkohol 95 %

Seorang anak diperiksakan ke praktek dokter keluarga karena keluhan berat badan sulit naik sejak 4 bulan terakhir dan hampir setiap bulan mengalami demam walaupun tidak tinggi. Data pemeriksaan fisik manakah yang harus meningkatkan kecurigaan adanya TB paru pada anak tersebut ?
Choose one answer.
a. pembesaran limpa
b. hepatomegali
c. riwayat TB paru dewasa dalam keluarga yang tinggal satu rumah
d. anemia
e. tidak ada sumber infeksi fokal
Question 97
Marks: 1
Pria 70 tahun sejak 2 bulan ini mengeluh cepat lelah dan nyeri boyok. Saat ini dengan keluhan demam dengan produksi dahak purulen. Pemeriksaan fisik nyeri tekan di beberapa ruas tulang belakang. Hasil Laboratorium adalah sebagai berikut: Hb 7 g/dL, MCV 86 fL (normal 86-98), WBC 12.000/ml, BUN 44 mg/dL, Creatinine 3.2 mg/dL, Ca 11.5 mg/dL, X-ray thorax : infiltrat, Reticulocyte count 1%. Untuk diagnosis pasti diperlukan ?
Choose one answer.
a. Urin 24 jam : protein
b. Renal biopsy
c. HDL < 35 mg/dl
d. Formasi Rouleaux pada darah tepi.
e. >10% sel plasma dalam sumsum tulang
Question 98
Marks: 1
Gambaran Head CT Scan pada penderita dengan klinis penurunan kesadaran karena trauma kepala, kemungkinan adalah:
Choose one answer.
a. Gyri dan sulci yang prominent (dalam) di regio bifrontal
b. Lesi hiperdens, bulat, diameter l.k 2 mm (kalsifikasi) di pleksus choiroideus (intraventrikel cornu lateralis posterior bilateral)
c. Gambaran patchy enhancement pada parenchym otak
d. Lesi hiperdens bentuk concav convex di regio frontalis dextra
e. lesi hipodens dengan ring enhancement post kontrast, multiple
Question 99
Marks: 1
Seorang anak laki-laki berusia 13 tahun, dibawa oleh kedua orang tuanya ke Puskesmas dengan keluhan benjolan yang terasa nyeri pada tungkai kiri. Keluhan ini dirasakan sejak 3 hari yang lalu. Pemeriksaan fisik menunjukkan nodul eritem batas tidak tegas, dengan dan pustule di atasnya (punctum), teraba hangat dan nyeri tekan. Pemeriksaan penunjang apakah yang paling tepat untuk menegakkan diagnosis pada kasus ini ?
Choose one answer.
a. Pengecatan Giemsa
b. Lampu Wood
c. Pengecatan Ziehl Nelsen
d. Pengecatan Gram
e. Pewarnaan KOH
Question 100
Marks: 1
Laki-laki 56 th, perokok berat, sudah 1 bulan mengalami nyeri kaki kiri. Pada awalnya kaki terasa panas, nyeri bertambah bila untuk aktifitas. Bila kaki diraba terasa dingin, sementara kaki sebelahnya tetap hangat. Beberapa hari kemudian timbul koreng di ujung jari kelingking. Hasil pemeriksaan Laboratorium: HB 12 gr/L; AL 14.000/mmk; gula darah 190 gr%. Apakah kemungkinan penyebab nyeri yang lama tersebut?
Choose one answer.
a. Neuropati
b. Iskemia
c. Jepitan saraf
d. Infeksi
e. Pengapuran

Seorang anak perempuan berusia 6 tahun tampak pendek dan kulit teraba dingin. Anak tersebut berasal dari daerah pegunungan. Manakah yg paling mungkin menjadi penyebab timbulnya keadaan tersebut ?
Choose one answer.
a. hipkalsemia
b. kekurangan iodium
c. hipertiroid
d. kelebihan iodium
e. kekurangan zat besi
Question 102
Marks: 1
Mahasiswi, 23 tahun, datang ke Puskesmas dengan keluhan sering merasakan cemas dan takut, hampir setiap hari walaupun tidak ada penyebab yang jelas, sejak 6 bulan yang lalu. Penderita juga sulit tidur, jantung berdebar-debar, keringat dingin, seluruh badan lemas, merasa tak berdaya, tangan dan kaki terasa dingin. Sehingga makin membuat penderita malas berkonsultasi kepada pembimbing skripsinya yang terkenal "killer". Penderita terganggu dengan keluhan tersebut, ia sadar kecemasannya tidak beralasan, namun sulit untuk menghilangkannya. Jika kecemasan diikuti adanya pengulangan berlebihan suatu perbuatan yang tidak menyenangkan :
Choose one answer.
a. Stress Pasca Trauma
b. Agoraphobia
c. Gangguan Obsesif Kompulsif
d. Phobia Spesifik
e. Phobia Sosial
Question 103
Marks: 1
Manakah yang merupakan indikasi pemberian darah segar (fresh whole blood) pada pasien dengan DBD ?
Choose one answer.
a. Perdarahan masif
b. Syok
c. Edema paru
d. Trombositopenia
e. Semua perdarahan
Question 104
Marks: 1
Semenjak gagal Unas, 1 bulan yang lalu, Nn. A, 18 th, tak mau keluar dari kamarnya, menjadi sangat sedih, sering menangis, pesimis dan putus asa. Penderita juga sulit tidur, tidak nafsu makan, merasa sangat bersalah dan berdosa, bahkan kadang muncul keinginan untuk mengakhiri hidupnya. Penderita juga sering mendengar suara-suara tanpa wujud yang menyalah-nyalahkan dirinya. Diagnosis yang paling mendekati untuk kasus di atas adalah :
Choose one answer.
a. Gangguan Penyesuaian dengan reaksi Depresi
b. Gangguan Depresi Berat tanpa gejala Psikotik
c. Skizoafektif tipe Depresi
d. Gangguan Stress Akut
e. Gangguan Depresi Berat dengan gejala Psikotik
Question 105
Marks: 1
Gambaran katarak dijumpai pada seorang bayi baru lahir. Ibunya pernah mengalami demam tidak tinggi disertai ruam kemerahan pada kehamilannya. Apakah penyebab yang paling mungkin pada kasus tersebut di atas ?
Choose one answer.
a. sindrom katarak
b. sindrom Guillen Barre
c. sindrom Eisenmenger
d. sindrom rubella kongenital
e. sindrom Down

Seorang anak mengalami bengkak seluruh tubuh. Urinalisis menunjukkan proteinuria masif. Diagnosis manakah yang paling mungkin ?
Choose one answer.
a. dekompensasi jantung
b. protein losing enteropathy
c. glomerulonefritis
d. sindrom nefrotik
e. kwashiorkor
Question 107
Marks: 1
Seorang ibu 57 tahun, mengeluh sering sebah di perut, terutama bagian kanan atas. Keluhan sudah dirasakannya sejak 3 bulan terakhir. Pasien berobat rutin karena dikatakan sakit "maag" dan gangguan pikiran karena kegemukan. Beberapa waktu lalu pasien mengalami nyeri hebat, hingga ke punggung, panas menggigil dan matanya agak kuning, sempat dibawa ke rumah sakit tetapi menolak opname. Apa penyebab mata kuning pada pasien tersebut?
Choose one answer.
a. Gangguan aliran empedu
b. Timbunan lemak akibat obesitas
c. Perluasan infeksi ke mata
d. Kebanyakan obat "maag"
Question 108
Marks: 1
Berikut ini adalah criteria partus normal, kecuali:
Choose one answer.
a. Terjadi rupture perinea
b. Presentasi belakang kepala
c. Kala I berlangsung 12 jam
d. Kala II berlangsung 30 menit
e. Umur kehamilan 36 minggu
Question 109
Marks: 1
Penderita laki-laki usia 60 tahun datang dengan keluhan BAK tidak lancar dan sering merasa tidak puas . Apa saja pemeriksaan radiologi yang dapat anda usulkan:
Choose one answer.
a. BNO IVP, USG urologi/prostat, Urethrocystografi
b. USG abdomen, Color Doppler USG, CT scan ginjal
c. Urethrography, BNO IVP dan Renogram
d. Cystografi, BNO IVP dan Renogram
e. Foto Polos Abdomen (BNO)
Question 110
Marks: 1
Seorang anak laki-laki berumur 8 tahun datang ke Puskesmas karena orangtuanya mengeluh anak sering ngorok dan terbangun saat tidur. Anak juga sering panas dan batuk pilek hampir setiap bulan dalam tahun terakhir. Pada pemeriksaan fisik didapatkan keadaan umum baik, tampak anak sering bernafas dari mulut, Vital sign dalam batas normal. Pemeriksaan orofarings didapatkan kedua tonsil hipertropi, detritus positif, limfonodi submandibula membesar. Pemeriksaan yang paling tepat untuk menentukan tingkat kronisitas penyakit pada pasien diatas adalah:
Choose one answer.
a. Rontgen thorak
b. Besarnya tonsil
c. Pembesaran limfonodi submandibula
d. Plica posterior hiperemis
e. Fasies Adenoid

Penderita wanita 40 tahun dengan keluhan 1 minggu perut terasa kembung, BAB dan flatus (-). Jika pada kasus di atas didapatkan gambaran air fluid level, hearing bone appearance dan tampak opasitas di kuadran kanan bawah abdomen, apakah diagnosis yang paling tepat?
Choose one answer.
a. Pneumoperitoneum
b. Peritonitis
c. Megacolon congenital
d. Ileus paraliticus
e. Ileus Obstructivus curiga massa di regio abdomen kanan bawah
Question 112
Marks: 1
Seorang anak lakii-laki 8 tahun riwayat demam 5 hari. Dari pemeriksaan fisik didapatkan tes Rumple leede positip. Pernyataan berikut yang paling benar adalah
Choose one answer.
a. Konfirmasi kultur diperlukan untuk mendiagnosis etiologi
b. Pemeriksaan serologi menjadi diagnosis pasti DHF
c. Jika trombosit menurun pasti merupakan DHF
d. Kelainan vaskular mendasari hasil rumple leede positip
e. Pendekatan diagnostik klinis menjadi dasar terapi
Question 113
Marks: 1
Pada penderita dengan klinis Cervical Syndrome , kemudian dilakukan pemeriksaan Foto polos Cervical posisi AP/Lateral dan Oblique; Kemungkinan kelainan yang didapat dari hasil foto cervical tersebut, adalah:
Choose one answer.
a. Adanya obstruksi pada arteri carotis communis yang menuju cranial
b. Spondiloarthrosis dan spondilolisthesis cervical 3,4,5
c. Achalasia
d. Adanya HNP di daerah cervical
e. Struma koloides
Question 114
Marks: 1
Seorang anak mengalami bengkak seluruh tubuh. Urinalisis menunjukkan proteinuria masif. Diagnosis manakah yang paling mungkin?
Choose one answer.
a. dekompensasi jantung
b. protein losing enteropathy
c. sindrom nefrotik
d. kwashiorkor
e. glomerulonefritis
Question 115
Marks: 1
Berikut ini bukan merupakan alat bantu jalan napas
Choose one answer.
a. Tonge spatel
b. Mayo/guedel
c. Nasal kanul O2
d. Endotracheal tube
e. Masker non-rebreathing

Seorang dokter puskesmas di daerah terpencil mendapatkan kasus kematian yang diduga karena racun. Apabila pemeriksaan toksikologi tidak memungkinkan segera dilakukan, apakah bahan pengawet yang perlu ditambahkan guna mencegah pembusukan sample pada saat prose pengiriman ke laboratorium toksikologi?.
Choose one answer.
a. Natrium klorida 0,9%
b. Formalin 40 %
c. Formalin 10 %
d. Alkohol 70 %
e. Alkohol 95 %
Question 117
Marks: 1
Seorang bayi laki-laki lahir dari ibu G4P1A0, spontan ditolong bidan, berat badan lahir 3.100 gram. Bayi langsung menangis kuat dan bayi dirawat gabung setelah perawatan rutin. Satu hari setelah lahir, bayi tampak pucat dan lemah serta tidak mau minum ASI. Dari tali pusatnya tampak darah merembes terus menerus. Defisiensi apakah yang berhubungan dengan perdarahan pada kasus di atas ?
Choose one answer.
a. Trombosit
b. Adrenalin
c. Kalsium
d. Vitamin K
e. Imunitas
Question 118
Marks: 1
Tindakan yang paling sesuai untuk kasus plasenta previa dengan kehamilan cukup bulan dan tidak ada lagi perdarahan ialah :
Choose one answer.
a. bedah sesar terencana
b. infus tokolitik untuk mempertahankan kehamilan
c. injeksi koagulansia untuk mencegah perdarahan
d. bedah sesar menunggu tanda persalinan
e. induksi dengan infus oksitocin
Question 119
Marks: 1
Seorang anak laki-laki umur 12 tahun, sering mengeluh mata gatal, terutama pada siang hari dan sore hari, terutama juga pada musim panas. Pada pemeriksaan terlihat mata sedikit merah, dan karena sering digosok-gosok tampak penebalan pada konjungtiva bulbi, dan berwarna agak coklat merah. Penglihatan tidak terganggu. Apakah kemungkinan yang dialami oleh pasien ini?
Choose one answer.
a. Trachoma
b. Atopic Conjunctivitis
c. Conjunctivitis Fictaenularis
d. Conjunctivitis Catarhalis Acuta
e. Conjuncticitis Varnalis
Question 120
Marks: 1
Pada peristiwa kecelakaan dan terbakarnya pesawat terbang militer yang sedang melakukan latihan perang dapat ditemukan seluruh korban tewas yang terdiri atas anggota militer berjumlah 20 orang. Kondisi korban dalam keadaan luka bakar derajat IV dan sebagian besar tubuh korban tidak utuh. Manakah metode yang paling efisien dan cepat yang dapat digunakan untuk identifikasi pada kasus ini?
Choose one answer.
a. Visual
b. Serologi
c. Odontologi
d. Daktiloskopi
e. Sidik DNA

Marks: 1
Pada saat bertugas di IRD, anda mendapat laporan tentang seorang anak 8 tahun yang tampak gelisah. Anak sulit makan dan minum. Anak telah menderita demam 8 hari dan cenderung memburuk. Anak telah mendapat terapiantibiotika oral. Respirasi 40 x / menit, Nadi 140 x/menit dan Tekanan darah 90 / 75 mmHg. Kondisi apakah yang sangat mungkin sedang anda hadapi ?
Choose one answer.
a. Syok septik
b. Syok hipoglikemik
c. Syok hipovolumik
d. Syok kardiogenik
e. Syok anafilaksi
Question 2
Marks: 1
Pemeriksaan darah pada penderita malaria adalah untuk mencari Plasmodium dalam bentuk apakah?
Choose one answer.
a. Spora
b. Aseksual
c. Ookinet
d. Oocyst
e. Seksual
Question 3
Marks: 1
Seorang laki-laki berusia 77 tahun, datang ke UGD karena kencing berdarah. Nyeri saat kencing tidak dirasakan. Keluhan sudah dirasakan 9 bulan. Dalam 2 bulan terakhir ini, kencing sering tidak lampias, sehingga sering harus mengejan. Bangun malam hari untuk kencing sampai 4 kali. Pinggang sering merasa pegal. Akhir-akhir ini kencingnya sedikit, dan pasien merasa lemes, pucat, mual-mual, seperti mau pingsan. Apakah diagnosis paling mungkin pada kasus di atas?
Choose one answer.
a. Keganasan
b. Gagal ginjal
c. Kencing batu
d. Prostat hiperplasi
e. Infeksi kandung kencing
Question 4
Marks: 1
Seorang laki-laki berusia 77 tahun, datang ke UGD karena kencing berdarah. Nyeri saat kencing tidak dirasakan. Keluhan sudah dirasakan 9 bulan. Dalam 2 bulan terakhir ini, kencing sering tidak lampias, sehingga sering harus mengejan. Bangun malam hari untuk kencing sampai 4 kali. Pinggang sering merasa pegal. Akhir-akhir ini kencingnya sedikit, dan pasien merasa lemes, pucat, mual-mual, seperti mau pingsan. Apakah gejala yang menunjukkan iritasi pada kasus di atas?
Choose one answer.
a. Kencing malam 4 kali
b. Pinggang pegal
c. Kencing berdarah
d. Kencing mengejan
e. Kencing tidak lampias
Question 5
Marks: 1
Pria 64 tahun dengan keluhan batuk, sesak nafas dan sakit kepala sejak 3 minggu yang lalu. Riwayat hipertensi ringan dengan terapi hydrochlorthiazide; merokok satu hari satu bungkus selama 40 tahun. Tampak vena jugularis melebar. Tampak pembesaran kelenjar getah bening pada daerah supraclavicular. Pemeriksaan jantung normal dan paru-paru tidak tampak bekas trauma. Kemugkinan apakah penyebab kondisi pasien ini?
Choose one answer.
a. Neprotik sindrome
b. carcinoma lambung
c. Ca paru
d. hipertensi sudah berjalan lama
e. Empisema

reques kunci jawaban via email: blog.kedokteran@gmail.com
format : Kunci_UKDI 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Word of the Day

Article of the Day

This Day in History

Today's Birthday

In the News

Quote of the Day

Spelling Bee
difficulty level:
score: -
please wait...
 
spell the word:

Match Up
Match each word in the left column with its synonym on the right. When finished, click Answer to see the results. Good luck!

 

Hangman
 
powered by Blogger